Rabu, 13 Juni 2012

keistimewaan shalat shubuh


MAKALAH  TEKNIK KOMUNIKASI
KEISTIMEWAAN SHALAT SHUBUH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknik Komunikasi (TKP 158)



 
Disusun oleh :
Muhammad Fikri R
21040111140105








TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
KOTA SEMARANG
2012


***

BAB I
PENDAHULUAN
                                                      
1.1            Latar Belakang

Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin yang sudah mukallaf dan harus dikerjakan baik bagi mukimin maupun dalam perjalanan.
Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Islam didirikan atas lima sendi (tiang) salah satunya adalah shalat, sehingga barang siapa mendirikan shalat ,maka ia mendirikan agama (Islam), dan barang siapa meninggalkan shalat,maka ia meruntuhkan
agama (Islam).
Selama ini kaum muslimin terlena dalam malam yang panjang, sehingga hanya menyisakan segelintir orang-orang yang membentuk sederet atau dua deret shaf pada shalat shubuh. Banyak orang tidak menyadari, ada nilai religi dan filosofi yang kuat dalam pelaksanaan shalat shubuh

1.2            Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen kepada para mahasiswa, selain itu ada juga untuk menyadarkan para umat muslim yang ada didunia ini untuk melaksanakan ibadahnya setiap saat khususnya ibadah shalat, karena shalat merupakan hal pertama yang akan dipertanggung jawabkan di hari kiamat nantinya. Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca


***


BAB II
PEMBAHASAN

Kita tahu bahwa shalat adalah suatu kewajiban sebagai kaum muslim yang wajib dikerjakan. Sebagian besar kaum muslimin kurang mengetahui pemahaman dan kesadaran mayoritas masih lemah, misalnya dalam pelaksanaan shalat subuh. Dengan berbagai alasan, akhirnya sebagian besar orang hanya memilih shalat subuh di rumah dibandingkan shalat di masjid. Sebuah fenomena apabila terjadi ada masa Rasulullah, maka akan diancam dengan pembakaran rumah. Bagi sebagian muslimin, kewajiban shalat teranaktirikan oleh berbagai kepentingan duniawi dan tentunya bisikan dari setan.
Dampak sosial yang timbul dari pelaksanaan shalat subuh pun tak bisa dipandang sebelah mata, pelaksanaannya yang tepat sesuai waktu akan mendorong peningkatan aktivitas seharian penuh. Shalat shubuh mempunyai kekuatan yang luar biasa. Pahala yang dijanjikan Allah dalam shalat subuh dan aktivitas lain yang dikerjakan sebelum dan sesudahnya begitu besar. Oleh karena itu, Rasulullah telah mengkhususkan shalat mulia ini dengan keistimewaan tunggal dan sifat- sifat tertentu yang tidak terulang pada shalat lainnya. Keistimewaan-keistimewaan tersebut antara lain sebagai berikut :

A.           Pahala Tanpa Batas
Orang yang melaksanakan shalat shubuh dengan berjamaah  mendapatkan keistimewaan dibanding dengan orang-orang yang melaksanakan selain shalat shubuh dengan berjamaah. Shalat subuh memiliki kelebihan khusus yang tidak ada pada shalat yang lain, diantaranya :
a)      Pahala shalat malam satu malam penuh
b)      Sumber cahaya di hari kiamat
c)      Surga yang dijanjikan

B.            Melihat Allah
Keistimewaan inilah yang paling tinggi. Yang akan mendapatkan kesempatan ini adalah orang-orang yang menjaga dua shalat yaitu shalat Shubuh dan Ashar. Karena kedua shalat ini sangat sulit untuk dikerjakan. Shalat subuh sulit dikerjakan, karena sebagian besar memilih untuk melanjutkan tidur sedangkan untuk shalat ashar, sebagian besar orang setelah bekerja pasti ingin beristirahat.

C.            Siksa Pedih Bagi yang Meninggalkannya
Meninggalkan shalat merupakan dosa yang besar dan musibah yang tiada tara. Shalat menjadi amalan manusia pertama yang dihisab pada hari kiamat. Jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya dan kalau jelek, maka jeleklah seluruh amalanya.

D.           Shalat Sunnah yang Lebih Mulia daripada Dunia Seisinya
Shalat sunnah sebelum Shubuh merupakan shalat sunnah yang paling banyak pahalanya dibandingkan shalat sunnah lainnya. Rasulullah bersabda : “dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR Muslim)

E.            Perlakuan Khusus Terhadap Shalat Shubuh
Shalat shubuh memiliki keutamaan khusus yang besar, antara lain :
ü  shalat paling utama diwajibkan disamping shalat ashar
ü  Adzan shubuh berbeda dengan adzan pada shalat yang lain
ü  Shalat shubuh tidak bisa di-qashar dan di-jama’
ü  Rasulullah memberikan doa khusus setelah shalat subuh yang berbeda dengan shalat yang lain
ü  Rasulullah menyuruh kaum muslimin untuk memendekkan bacaan waktu shalat kecuali subuh

F.             Waktu yang Menjadi Saksi
Waktu ini adalah waktu yang menjadi saksi. Waktu yang disaksikan hamba Allah yang mulia, yaitu para malaikat. Para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan shalat shubuh. Dan Rasulullah bersabda : “shalat berjamaah lebih utama shalat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh lima lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat subuh.”

G.           Dalam Perlindungan Allah
Rasulullah memberi janji, bahwa bila melaksanakan shalat shubuh maka Allah akan melindungi anda seharian penuh.



H.           Muara Ilmu dan Iman
Shalat subuh menjadi salah satu sarana penting dalam tarbiyah, karena shalat subuh merupakan saat-saat ketika hati dan pikiran sedang jernih. Sungguh, kesempatan ini merupakan kesempatan terbaikuntuk menanamkan akidah, akhlak, dan fikih.

I.              Latihan Harian bagi Ruhani
Rasulullah selalu menganjurkan untuk selalu tetap tinggal di masjid hingga terbitnya matahari. Waktu pagi, ibarat acara pelatihan peningkatan keimanan yang sangat agung, sebagai permulaan menapaki hari-hari bagi kaum mukmin.

J.              Penghapus Dosa Setengah Usia
Shalat merupakan penghapus dosa yang dilakukan antara shalat ini dan shalat sebelumnya. Shalat shubuh menjadi penghapus setengah umur bagi yang mengerjakan, sedangkan shalat-shalat yang lain menghapus separuh umurnya lagi. Tapi itu akan terjadi bila mukmin menjauhi dosa-dosa besar.


***


BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan

Shalat shubuh mempunyai kekuatan keistimewaan yang luar biasa dibanding shalat-shalat yang  lainnya. Pahala yang dijanjikan oleh Allah pun juga sudah sangat jelas. Akan tetapi sebagian besar kaum muslimin kurang begitu memahami atau mengetahui pemahaman dan kesadaran yang masih lemah. Sebagian besar orang lebih memilih shalat di rumah daripada di masjid secara berjamaah dan lebih mementingkan tidurnya lagi pada saat terdengar suara adzan.
Dibalik pelaksanaan dua rakaat di ambang fajar ini, tersimpan rahasia yang menajubkan. Banyak permasalahan yang disepelekan yang bersumber dari ketika pelaksanaan shalat subuh.
Yang menarik subuh ternyata juga menjadi waktu peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum ‘Ad, Tsamud dan kaum durhaka lainnya, dilibas petaka pada waktu subuh yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid.

3.2  Saran

Penulis ingin memberikan Saran  atau tips agar kita tetap mudah menjalankan dan menjaga shalat subuh antara lain :
·           Ikhlaskan niat hanya karena Allah
·           Bertekad dan introspeksi diri setiap hari
·           Bertobat dari dosa-dosa dan berniat untuk tidak mengulanginya
·           Perbanyak baca doa agar Allah memberi kesempatan untuk shalat subuh
·           Carilah kawan yang baik
·           Tidurlah dengan cara Rasulullah
·           Menyedikitkan makan sebelum tidur serta hindari teh dan kopi pada malam hari
·           Tulis pengingat shalat subuh
·           Bantulah pakai alat seperti jam weker, telepon agar bangun
·           Ajaklah orang lain untuk shalat subuh




***


DAFTAR PUSTAKA

As-Sirjani, Raghib. 2004. Misteri Shalat Subuh. Solo : Aqwam.

0 komentar:

Posting Komentar